Di setiap kampus pun dengan berbagai aktifitas akademik dan non akademik tidak terlepas dari kebutuhan konsumtif berupa pembelian makanan dan minuman. Dampak dari pembelian makanan dan minuman  menghasilkan tumpukan sampah. Jenis sampah dari makanan meninggalkan sampah seperti kardus, stereoform, sendok,  kantong plastik, bungkus snack. Sedangkan jenis sampah minuman seperti botol dan gelas air mineral, sedotan, cup. 

Sampah-sampah tersebut biasanya para mahasiswa membuangnya di tong/bak sampah yang disediakan kampus setiap lantainya. Yang paling miris sampah terbungkus plastik 'terdampar' disudut lantai. Ada juga bekas makan dan minum mahasiswa meninggalkannya di kelas.

Membangun, menumbuhkan dan membangkitkan kesadaran individu dan kolektif sangat penting untuk diwujudkan. Untuk menjawab hal itu, IBM Bekasi dan Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) Kota Bekasi akan berkolaborasi dan bekerjasama dalam sistem manajemen dan pemanfaatan sampah yang  bernilai ekonomis (menghasilkan produk dan cuan).

Pada Rapat Koordinasi Manajemen Sampah Di Lingkungan Kampus (Jum'at. 10/5/2024) antara IBM Bekasi dan BSIP Kota Bekasi yang diselenggarakan di Ruang Rapat lantai 1 Kampus 2 FEB IBM Bekasi yang dihadiri dari pihak IBM Bekasi yaitu Rektor (Jaenudin),  Wakil Rektor II (Venny Oktaviany), Wakil Rektor III (Epen Supendi) Dekan FTK (Trisnawati), UPT Perpusidigit (Yoni Haris Setiawan). Sedangkan dari BSIP yaitu Wakil Direktur (Ashep Hendarwan), Bendahara (Sulastri), Bidang Pelatihan (Suryani), Korwil Bekasi Timur (Eti Cari Utami dan Tatik Herawati).

Dalam Rapat Koordinasi tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan:

  1. Kerjasama berkelanjutan dengan ditandai penyusunan MoU;
  2. Kegiatan Sosialisasi Pengenalan Manajemen Sampah dengan peserta dari Dosen, Mahasiswa, Siswa SMA/SMK/sederajat, dan Santri Pondok Pesantren;
  3. Pameran Produk Daur Ulang Limbah Sampah;
  4. Pelatihan dan Pendampingan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) secara berkala  bagi Dosen dan Mahasiswa IBM Bekasi.

Pada prinsipnya Rektor IBM Bekasi menyambut baik rencana program dan kegiatan sistem manajemen sampah dengan menggandeng BSIP. "Ini sangat positif dilakukan agar sampah-sampah di lingkungan kampus dapat dimanfaatkan, bagi dosen dan mahasiswa bila sudah dilatih dan dibimbing akan menjadi kegiatan PKM baik pada KKN maupun di kegiatan keseharian. Alangkah baiknya jadi kegiatan produktif dan memiliki nilai ekonomis" tandas Rektor.

 

#Jiwa Muda, Semangat Betkarya!